Senin, 30 Maret 2015

Perkembangan Islam di Brunei Darussalam




                    Tugas                                                                                Dosen              
SIAT                                                               M.FAHLI ZATRA HADI



Tugas SIAT
perkembangan Islam di Brunei Darussalam


Disusun oleh :
MIFTAHURROHMAN
YULI ANDRIANI
REXSI RINALDI






JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU
2015


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiqdanhidayah-Nya.Semoga sholawat dan salam selalu dilimpahkan kepada Rasul-Nya Muhammad SAW. Yang   telah sengaja diutus oleh Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak manusia di muka bumi ini.
Makalah ini disusun berdasarkan referensi dari buku-buku para ahli dengan judul“Sejarah perkembangan Islam di Brunei Darussalam”dalam matakuliah Sejarah Islam Asia Tenggara.
Semoga makalah ini berguna dalam memperdalam ilmu pengetahuan kita semua.Kritik dan saran sangat di butuhkan untuk penyempurnaan penyusunan makalah ini.



BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Sejarah Islam Asia Tenggara merupakan suatu pembelajaran yang nantinya akan menjadi cerminan kita untuk Islam yang akan datang, bagaimana berkembangnya Islam serta perjalanan agama ini sampai ke Asia Tenggara tentu merupakan sebuah perjalanan yang begitu banyak rintangan. Dan dari situ lah nantinya kita dapat mencontoh ataupun mangmbil nilai-nilai positif yang terkandung pada usaha-usaha orang dulu dalam pencapaian Islam Hingga menjejak k Asia Tenggara ini.
Begitu juga nantinya dengan negara Brunei, negara yang sekarang menjadi negera yang menjadikan Islam sebagai landasan Sistem Pemerinyahannya.Tentu ada banyak sekali hal yang hrus di lakukan dan dipersiapkan oleh orang-orang terdahulu sehingga mencapai Brunei yang sekarang.

B.     RUMUSAN MASALAH
Bagaimana sejarah perkembangan Islam di Brunei Darrusalam?

C.    TUJUAN
Mengetahuisejarah berkembanganya Islam di negera Brunei Darussalam.




BAB II
PEMBAHASAN
A.     Awal Proses Masuknya Islam
Berdasarkan bukti sejarah yang ada di Brunei Darussalam Islam masuk ke Brunei sekitar abad ke 13 M. Semenjak itu kerajaan Brunei berubah menjadi kesultanan Islam.
a)      Batu Nisan
Batu nisan tersebut didapati di perkuburan Islam rangas di jalan Tutong Bandar Sari, bertuliskan Cina kepunyaan orang Cina bernama P’u-Kung Chin-mu yang meninggal pada tahun 1264 M Zaman Dinasti Sung Selatan.
Untuk menguatkan alasan bahwa tuan P’u adalah seorang yag memeluk islam, yaitu apabila mayat orang Islam dipemakaman orang non muslim maka akan timbul kegaduhan, karena perbuatan itu berlawanan dengan hukum fikih dari segi mengubur mayat tetapi batu nisan itu kekal sampai sekarang dan ini menguatkan bahwa tuan P’u adalah orang Cina yang beragama Islam.
b)     Kerajaan Islam
Islam masuk ke Brunei dibawa oleh saudagar-saudagar Islam. Pg. Muhammad bin pgH. Abd. Rahman, Islam Brunei kemasyuran dan perkembangannya, Malaysia, 1986 M. H. Abdullah Ishaq, Islam di India dan Cina, Namaz enterphise, Kuala Lumpur, 1989 M. Yang intinya orang-orang arab diikuti oleh orang persia, gujarab  dan penyebaran agama ini tidak dijalani dengan kekerasan dan tidak ada penakhlukan negeri. Raja Brunei, Awak Alak Batatar
Mula-mula belum menganut agama Islam tapi ketika itu, Brunai telah menjalin hubungan dengan Malaka.Yang pada waktu itu agama Islam telah berkembang di Malaka.
Menurut silsilah raja-raja Brunei bahwa Awak Alak Batatar sendiri berangkat ke Malaka dan menikah dengan putri malaka, kemudian Awak Alak Batatar tertarik masuk Islam dan mengganti namanya dengan sultan Muhammad Syah. Dalam masa pemerintahan Sultan Muhammad itulah seorang bangsa Arab dari Mekkah (thaif) yang bernama Syarif Ali datang ke Brunei dan mengembangkan Islam di Brunei, kemudian menikahkan Syarifah dengan anak kemenakannya Baginda Puteri Pateh Berbai.

B.     Perkembangan Islam di Brunei Darussalam
Perkembanagan  dan kemajuan Islam di Brunei semakin nyata setelah rajanya Awak Alak Batatar memeluk Agama Islam pada tahun 1368 M, dengan gelar Sultan Mahmud Syah yang menjadikan Islam sebagai agama resmi negara. Usaha-usaha mengembangkan agama Islam dilakukan secara menyeluruh baik dalam maupun luar negeri.Kemasyuran Islam di Brunei mendorong imigrasi agama Islam ke negeri itu.Perkembangan dan mejunya Islam di Brunei lebih cepat.
Setelah pusat penyebaran dan kebangkitan Islam di Malaka jatuh ketangan Portugis pada tahun 1511 M, sehingga banyak ahli agama Islam pindah ke Brunei.
Brunei menjadi pusat pusat pengembangan agama Islam pada masa pemerintahan sultan Bolkiah (sultan Brunei yang ke-5), diantara cara sultan Bolkiah mengembangkan ajaran agma Islam yaitu melalui perkawinan. Baginda menaklukkan Suluk (sulu) kemudian menikahi puteri Raja Suluk yaitu Laila Mancapai.
Pada tanggal 13 april 1578, Don Fransisco De Sande meminta kepada sultan Brunei agar menghentikan pengembangan agama Islam di pulau-pulau Philipina.
Agama Islam dikembangkan oleh mubaligh luar negeri juga dikembangkan oleh orang-orang Brunei yang telah mendapatkan pengetahuan agama Islam dari negeri Jiran (Makkah).Pelajaran yang diterima oleh orang-orang Brunei itu menjadi amal mereka dengan teguhnya.Semangat keIslaman orang Brunei begitu kokoh karna menyerahkan diri mereka semeta-mata karna Allah.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi erkembangan Islam di Brunei adalah:
1.      Faktor Peragangan
Pada abad ke-19 M, perdagangan-perdagangan Arab-Persia menguasai perdagangan laut diantara dunia Arab hingga hingga ke Cina. Malah  mereka menjadi penghubung diantara kepulauan Melayu denagan Cina.
Dan juga, perdagangan Portugis dan Arab merupakan golongan yang memainkan peranan penting dalam penyebaran Islam disekitar pulau-pulau Melayu.Brunei juga merupakan salah satu kawasan yang dianggap maneriam Islam melalui golongan itu.



2.      Keduduken Yang Strategis
Kedudukan Brunei yang strategis turut membantu penyebaran Islam kenegeri itu, Brunei terletak di pantai barat Borneo yang menghadap kelaut Cina Selatan yang menjadi laut perdagangan, laut yang utama pada masa itu.
Para pedagang Asing Asia Tenggara pada masa itu sangat mengenali Brunei dan kedudukannya sehingga mereka dapat mengetahui kedudukan jarak antara Brunei dengan pelabuhan lain.
Disamping itu terdapat banyak kesan sejarah yang menunjukkan bahwa kawasan disebelah timur kawasan Melayu telah menerima pengaruh Islam yang terawal, salah satunya misalnya, telah ditemui batu bersurat Trengganu di sungai Tersat Kuala Brang Trengganu yang mempunyai tarekh 1303 M.
3.       Peranan Pendakwah
Kegiatan Islam oleh pendakwah Islam di anggap berpengaruh ini di mulai pada kurun waktu waktu yang ke-10 dan seterusnya.Ia berkemungkinan terbit dari persaingan yang wujud di antara Islam dan kristen melalui ciri-ciri perang salip yang berlaku di Eropa. Diantara pendakwah Islam yang memainkan peranannya seperti Syehk Alwi al-Faqeh al-Muqqaddam.
4.       Melalui Perkawinan
Amalan perkawinan merupakan salah satu faktor universal yang membantu penyebaran Islam di tempat, dan di dunia ini.Dalam kontek penyebaran Islam di Asia Tenggara Brunei juga tidak terkecuali.
Perkawinan diantara tokoh pendakwah Syarif Ali dengan putri raja Brunei dianggap telah banyak memberikan sambungan kepada kita pada perkembangan Islam di Brunei, dan ditambah pun beliau menjadi Sultan Brunei yang ke-5, ini semakin memudahkan dalam usaha-usaha penyebaran Islam di negara itu.
5.       Masalah Partai Politik
Dalam sisitem pemerintahan Brunei atau sistem kesultanan di negara jiran ini, dibentuk suatu organisasi-organisasi Islam yaitu Majlis Agama Islam Brunei  (MAIB) di bidang keagamaan atas dasar undang-undang agama dan Mahkamah Qadi pada tahun 1955 M.Majlis ini bertugas menasehati Sultan dalam hal agama Islam, dan untuk melaksanakan kegiatan agama di Brunei di urus oleh mentri sebagai yang terdapat di Indonesia adanya Mentri Agama.
6.      Respon Pemerintah Brunei Terhadap Islam
Islam di Brunei, berkembang dan maju lebih pesat dalam bentuk pemerintahannya maupun rakyat melayu Brunei dalm mensyariatkan dan menjalankan agama. Itu terlihat sekali, Islam masuk ke Brunei dengan jalan damai tanpa adanya paksaan.Karena Agama resmi Brunei adalah Islam.Namun agama lainpun tidak dilarang, ini terbukti diantaranya penduduknya hidup saling berdampingan dan saling berinteraksi antar sesamanya.
Secara teoritis, mayoritas penduduk Brunei (90%) orang melayu muslim, namun ada dari golongan pendatang sekitar 10% orang cina. islam mendapat perlindungan dari negara yang memungkinkan pemerintah memberlakukan kebijaksanaan di bidang keagamaan tanpa banyak melalui kesulitan. Dan untuk memberlakukan kebijaksanaan di masa sultan Hasan di lakukan berbagai cara yang menyangkut pemerintahan :
1. Menyusun pemerintah agama, karena memainkan peran penting dalam memandu negara Brunei kearah kesejahteraan.
2. Menyusun adat istiadat yang di pakai dalam semua upacara baik maupun duaka, disamping menciptakan atribut kebesaran dan perhiasan Raja
3.Menguatkan Undang-Undang Islam yaitu hukum Islam

C.     Pusat Perkembangan Islam
Usaha mengembangkan agama Islam di dalam negeri diperingatkan terus menerus oleh Sultan-Sultan Brunei terutama sekali dalm zaman sultan Syarif Ali, Sultan Sualiman (1338-1432) dan sultan Bolkiah. Usaha-usaha tersebut menyebarluas sampai keluar negeri dan sangat terkesan, terutama di wilayah philipina sehingga orang-orang Spanyol merasa khawatir terhadap kegiatan orang Brunei mengembangkan agama Islam yang mendapat sambutan di sana karena menurut perkiraan penjajah Spanyol bahwa ia boleh mengganggu kegiatan mereka dalam mengembangkan agama kristen disebebkan oleh usaha orang-orang Brunei mengembangkan Islam itu lebih berkesan.

     1. Penduduk Jepang
Seorang Haji Md. Zain bin haji serudin menyatakan bahwa dulu ketika Beliau bersekolah pada masa kependudukan jepang, orang Jepang tidak melarang umat Islam untuk melakukan Ibadah di sekolahnya seperti melaksanakan sholat Jum’at.

2. Sekolah Agama
Sultan Oemar Ali Saefuddin (sultan Brunei ke- 28 : 19501967) mempunyai kesadaran yang amat mendalam mengenai agama Islam. Beliau berhasrat agar rakyat beliau dapat manfaat agama yang lebih mendalam dan dapat mempelajari agama itu supaya lebih berkesan, maka beliau mendatangkan 2 orang guru agama dari negri Johor dengan tujuan supaya mereka mengadakan penyiasatan dan menghadapkan cadangan dan laporan berhubungan dengan persekolahan agama di Brunei.
3. Perkembangan Sekolah-Sekolah Agama
Dalam hal ini Brunei selalu melakukan usaha-usaha pengembangan sekolah agama dan juga membekali rakyat-rakyatnya dengan ilmu agama. Salah satu langkah yang di ambil yakni dengan cara mengirim 3 otang murid untuk belajar ke negri ziran seperti negara Singapura, Malaysia, dan Mesir. Maka dari situlah nantinya cikal bakal berkembangnya sistem keilmuan khususnya ilmu agama yang ada di negara Brunei.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Brunei adalah sebuah Negara yang terletakdiantaraLautCina Selatan di Utara dandisisilain di kelilingi olehSerawak,Malaysia.SebelahTimurBrunei terdiridaridaratantinggi yang ketinggiannya 184 km di bukitPagon, sementara Brunei bagianbaratterdiridaribukit-bukitberlembah.
Brunei adalah salah satu negera yang Undang-Undang dasarnya berlandaskan pada Syariat. Walaupun ketika itu Brunei pernah di masuki campur tangan negera asing, namun Brunei tetap pada prinsip awalnya yakn akan menjadi negara yang menjalankan Syariat Islam dan sisitem ketatanegaraannya. dan perkembangan Islam di Brunei terbilamng lancar karna pemerintah dan segala asperk yang ada mendukung tersebar luasnya agama Islam di negara tesebut. Namun walau begitu Brunei tifak melarang untuk orang yang beragama non Islam berada di negeranya, karna disitulah nantinya akan tercipta rasa toleransi beragama dalam lintas Negara.

B.     Saran
Pemakalah menyadari bahwa makalah yang kami buat ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu pemakalah mengharapkan kritik dan saran kepada teman-teman semua untuk kemajuan kita semua di masa mendatang.






2 komentar:

  1. teck bandung agustus 12, 2015 at 11.15 am

    salam sejahtera tuan/puan semoga senantiasa semua diberikan kesihatan dan dimurahkan rezekinya,amiin.
    Kami disini nak menawarkan sewa kereta tuk Bandung/Jakarta city tour.
    BAgi sesiapa tuan/puan yang dah ada plan tuk bercuti di Bandung/Jakarta dan memerlukan kereta untuk transportasi semasa di bandung/Jakarta boleh
    Call : +6282214441280
    WhatsApp : +6282214441280
    Email : teck.bandung@yahoo.com
    Fb : teckbandung
    dijamin kami bagi harga yang sangat berbaloi & service yang terbaik/layanan 5 bintang ***** insyaAlloh
    Mohon maaf tuan/puan apbila ada ayat yang kurang berkenan dalam promotion yang kami tawarkan...


    Nb : yang lebih mahal banyak yang lebih murah pon ada,tapi kami jamin yang terbaik tetap teck bandung(insyaAlloh)
    jom jom bercuti di Bandung murah jer. TERIMAKASIH

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum... Maaf ya SOBAT saya mau jujur bahwa awalnya saya hanya mencoba-coba bermain togel karna saya terlilit hutang yang sangat banyak sekitar Rp 235 juta karna hutang saya banyak akhirnya saya mencari jalan pintas meskipun itu dilarang agama islam apa boleh buat nasi sudah jadi bubur dan akhirnya saya menemukan seorang dukun yang bisa membantu saya melalui jalan togel dengan lantaran bantuan MBAH WIRANG kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya karna itu semua berkat bantuan MBAH WIRANG dengan waktu yang singkat saya sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup kita menjadi kaya, buktinya angka pemberian MBAH 4D nya pada tanggal 23/10/2016 yaitu 9512 tembus alhamdulillah saya menang sebanyak Rp.480 juta dan alhamdulillah semua hutang-hutang saya sudah bisa terlunasih juga... Mungkin saudara/saudari diluar sana lagi butuh angka togel 2D|3D|4D silahkan konsultasi atau minta bantuan dengan MBAH WIRANG jangan takut anda bisa hubungi di nomer ( 082346667564 / +6282346667564 )

    Tetap Semangat Semua Permasalahan Pasti Ada Jalan KeluarNya...

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com